Jumat, 14 Oktober 2011

PENGAJARAN KKPI DI SMK N 1 KLEGO

Pengajaran KKPI di SMK Negeri 1 Klego untuk kelas 12 semua jurusan adalah tentang Pengoperasian PC dan Sistem Jaringan. Pengajaran yang di ampu oleh Bapak Wigih Harsono tersebut berjalan dengan cukup lancar, meskipun ada beberapa keluhan dari peserta didik. Keluhan-keluhan tersebut, berpusat di sekitar cara mengajar dari guru pengampu yang di nilai kurang sesuai dengan daya tangkap dari siswa-siswi.
Secara umum, keluhan-keluhan tersebut sangatlah wajar di kalangan peserta didik baik di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) maupun tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) / Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Dan tidak hanya pelajaran KKPI, melainkan juga semua mata pelajaran yang lain.
Hal yang perlu di perhatikan disini bukan masalah guru pengampu atau lain sebagainya, melainkan kemauan yang ada pada diri peserta didik itu sendiri. Seharusnya, semua itu tidak menjadi kendala bagi kita semua, tapi justru menjadi motivasi atau dorongan untuk kita semakin giat dalam menaklukan setiap mata pelajaran yang di hadapkan.
Terlepas dari itu semua, beralih pada hal-hal yang di ajarkan oleh guru pengampu. Semua di ciptakan agar peserta didik lebih mengerti dan berpengetahuan luas sekaligus berketrampilan dalam pengoperasian sistem jaringan.
Dimulai dari pengenalan sitem jaringan, lalu pengajaran cara membaca kondisi jaringan pada computer, cara membuat dan sharing folder dalam network, diteruskan  dengan cara membuat dan berpartisipasi dalam jejaring sosial, seperti e-mail, akun facebook, dan blog.
Secara tidak langsung, melalui praktek individual, itu akan berpngaruh dan bermanfaat bagi pengembangan pengetahuan peserta didik. Untuk itu, perlu perhatian dari setiap bagian, terutama dari peserta didik itu sendiri.

1 komentar: